Thursday, September 6, 2012

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Printer Anda Bermasalah

Bagaimana jadinya ketika Anda sedang dikejar deadline atau target pekerjaan Anda harus diselesaikan secepat mungkin, sedangkan printer Anda bermasalah (error) seperti tidak mau mencetak, kertas macet dan lain-lain.

Seperti halnya alat elektronik lain, printer kadang-kadang mengalami malfunction. Antara lain seperti kertas macet, cartridge rusak atau bahkan mungkin masalah driver. Intinya adalah bahwa secara umum masalah printer terdapat pada ketiga hal tersebut. Tapi, jika Anda seseorang yang mengerti dan perhatian, Anda akan mencegah kemungkinan di atas sebelum masalah terjadi. Jadi setiap kali Anda menemukan masalah tersebut Anda dengan mudah menanganinya.



Untuk Anda yang perlu mengetahui dan menangani masalah printer, berikut tipsnya.

1. Kertas Macet atau Nyangkut 
Masalah ini biasanya printer menimbulkan suara gesekan keras atau bahkan berhenti beroperasi dan lampu indikator berkedip. Penyebabnya biasanya terdapat kotoran di dalam printer Anda. Untuk membatalkan pekerjaan mencetak, Anda segera tekan tombol power atau bahkan cabut kabel power. Selanjutnya batalkan semua pencetakan melalui komputer Anda. Kemudian cara terbaik untuk mengeluarkan kertas tersebut adalah tarik perlahan dengan keadaan power off. Pada beberapa merek printer seperti printer HP biasanya ada pintu di belakang untuk mengeluarkan kertas, sedangkan printer Canon dan printer Epson tarik pada tatakan tempat memasukkan kertas, bukan tempat keluarnya kertas. Apabila ada bekas kertas yang masih tertinggal segera bersihkan dengan membuka tutup printer. Tutup kembali printer dan hidupkan printer, coba cetak kembali 1 lembar. Apabila masih terjadi macet berarti ada 2 kemungkinan yaitu ada kotoran yang masih menempel atau rusaknya penarik kertas. Jika hal ini terjadi, sebelum Anda merusak printer dengan cara memperbaiki sendiri lebih baik diserahkan ke tempat service.

2. Printer menarik beberapa kertas atau semuanya 
Ini juga dapat membuat Anda frustasi. Biasanya Anda meletakkan banyak kertas pada
tatakan dengan sekali mencetak pada suatu waktu, namun kemudian kertas langsung menarik beberapa kertas. Untuk mengatasi ini Anda akhirnya menaruh kertas secara manual atau satu per satu, wah.. stress bukan?. Hal ini bisa terjadi karena kertas lembab atau saling menempel. Sebelum mencetak maka perhatikan kertas yang Anda pakai. Sebaiknya kertas disimpan di tempat yang kering dan tidak lembab. Apabila kertas yang Anda pakai bagus tetapi masih menarik banyak kertas berarti kemungkinan roda penarik kertas pada printer Anda rusak.

3. Hasil Cetak Kosong 
Anda baru saja menginstal cartridge printer baru dan hanya mencetak sebuah dokumen tetapi halaman kosong. Biasanya hal ini memiliki solusi sederhana. Pastikan Anda benar-benar membuang stiker yang ada pada cartridge baru Anda sebelum memasangnya. Setelah dipasang jalankan fungsi cleaning head untuk membersihkan cartridge printer Anda dari udara.
Bisa juga hal ini terjadi karena Anda tidak sadar bahwa catridge printer dalam keadaan kosong. Untuk itu segera ganti cartridge Anda dengan yang baru atau refill. Lain halnya dengan printer inkjet yang dipasang infus, apabila terjadi demikian biasanya tinta habis karena sistem infus atau CISS tidak mengalir secara baik.

4. Warna dan Kualitas Cetak berkurang 
Hal ini biasanya terjadi ketika salah satu tinta yang baik hampir habis. Hasil cetak seperti Gambar Anda mulai terlihat sedikit ungu, biru atau orange. Solusi yang biasa untuk masalah ini adalah mengganti cartridge atau refill, kecuali jika Anda dapat mengisi ulang sendiri.

5. Driver Printer Hilang 
Ini merupakan masalah umum. Anda akan diarahkan pada jendela pencetakan tetapi komputer Anda tidak dapat menemukan driver yang tepat untuk menghubungkan ke printer. Mengapa terjadi hal ini? Tidak semua driver langsung dapat diinstal pada semua OS (seperti Windows dan Linux), Anda perlu menginstal driver secara manual. Perhatikan manual printer Anda. Anda juga bisa menemukan driver secara online di website pembuat printer.
Kalau driver belum ditemukan, pencarian web di Google atau semacamnya akan membantu Anda menemukan apa yang Anda cari. Coba gunakan kata kunci "driver printer" dan model printer.

Baca juga:
- Harga dan kualitas canon ip2770
-->

1 comment:

Anonymous said...

ADA TULISAN OPERATION COULD NOT BE COMPLED THE RPINT SPPOLER SERVICE IS NOT RUNNING
SEDANGKAN MAU PRINT DOKUMENT PENTING UNTUK BUKTI
MEREK PRINTER HP K 207 THANKS